Welcome to Solution flasher

Cara Membuat Mozilla Firefox Menjadi Default Browser

Bila kita memiliki browser internet lebih dari satu terkadang kita dihadapkan pada masalah browser manakah yang akan digunakan sebagai default, atau sederhananya aplikasi utama yang akan digunakan untuk membuka file-file yang berkaitan dengan internet atau website seperti file dengan ekstension .HTM, .HTML, dan lain sebagainya. Saat melakukan instalasi browser baru di komputer baik itu google chrome, opera, internet explorer atau yang lainnya, hal ini bisa menggantikan browser kesayangan kita, Mozilla firefox, yang sebelumnya menjadi aplikasi default untuk file-file tersebut. Sebenarnya hal ini tidak terlalu menjadi masalah bila kita selalu klik icon mozilla firefox untuk menampilkan browser internet. Ketidaknyamanan akan mulai terasa disaat ada aplikasi mencoba menampilkan jendela browsing, atau anda hendak membuka file yang menggunakan browser internet tetapi yang muncul bukan mozilla firefox. Agar menjadi lebih nyamn kembali, kita perlu merubah aplikasi default untuk internet browser menjadi mozilla firefox kembali seperti dengan cara berikut :

  1. Pertama-tama buka /jalankan dahulu mozilla firefox
  2. Lalu klik tombol Firefox kemudian pilih Options lalu klik Options , atau
  3.  Gambar: Menampilkan jendela opsi  firefox
  4. Bila anda menggunakan menu bar maka klik menu Tools lalu klik item Options
  5.  Gambar: Menampilkan jendela options firefox melalui menu bar
  6. Selanjutnya pada dialog Options klik tombol Advanced
  7. Lalu pada daftar tab yang tersedia pilih General
  8. Lalu pada bagian System Defaults klik tombol Make Firefox the default browser
  9. Lalu klik tombol OK

 Gambar: Membuat mozilla menjadi browser default di komputer/laptop




Tips Cara Membuat Mozilla Firefox Menjadi Default Browser


Bila mozilla firefox sudah merupakan default browser di komputer/laptop anda maka anda tidak akan melihat tombol Make Firefox the default browser pada bagian System defaults tetapi anda akan melihat tulisan Firefox is currently your default browser.

 Gambar: Status firefox sebagai default browser di komputer/laptop


Untuk menjaga agar Mozilla Firefox selalu menjadi default browser, pastikan anda juga memberikan tanda check pada item Always check to see if Firefox is default browser on startup agar mozilla firefox senantiasa mengecek apakah mozilla firefox adalah default browser atau bukan. Bila mozilla bukan efault browser maka mozilla biasanya akan menanyakan anda apakah mozilla akan dibuat menjadi default browser atau tidak. Jika ya, anda cukup klik saja tombol Yes, sehingga tidak perlu lagi masuk ke Jendela Options Firefox seperti langkah-langkah di atas.

 Gambar: Dialog konfirmasi pengecekan mozilla firefox sebagai default browser di komputer/laptop saat startup


Selesai deh....
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....

Description: Cara Membuat Mozilla Firefox Menjadi Default Browser
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Cara Membuat Mozilla Firefox Menjadi Default Browser

0 comments:

Post a Comment