Welcome to Solution flasher

Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks

Hai,kali ini saya akan memposting tentang Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks berikut ulasannya.
Tidak jarang pengawetan makanan menggunakan formalin atau Boraks. Hal ini tentu akan berbahaya bagi orang yang menkonsumsi makanan tersebut. Boraks atau pijer alias bleng alias bibit gendar atau air kie, sering disalah gunakan sebagai pengawer makanan seperti mie, baso, tahu, lontong, empek-empek, kerupuk atau ketupat dan lontong. Walah.. kebanyakan adalah makanan para mahasiswa/I yang sedang kos. :D

]
 Contoh makanan yang dapat berpotensi mengandung boraks / formalin

Orang yang menkonsumsi makanan yang mengandung boraks tidak akan langsung merasakan akibatnya. Racun atau toksin boraks akan diserap dalam tubuh dan akan disimpan secara kumulatif (bertambah) pada ginjal, hati, jaringan lemak dan bahkan pada otak.
Lantas bagaimana agar kita bisa terhindar dari memakan atau menkonsumsi makanan (kue, masakan) yang mengandung boraks? Bila ingin deteksi boraks secara detail baik kualitas maupun kuantitas yang terkandung dalam makanan mau tidak mau kita harus mengujinya di laboratorium kimia. Meskipun demikian, secara praktis kita bisa mengenali atau mengetahui ciri makanan yang mengandung boraks seperti berikut :

  1. Baso . Ciri-ciri Baso yang mengandung formalin/boraks adalah terasa sangat kenyal. Warna baso tidak kecoklatan seperti daging akan tetapi warna akan cenderung keputihan.
  2. Mie basah . Tekstur mie basah yang mengandung formalin atau borak akan sangat kenyal. Ciri-ciri lainnya adalah mengkilat, tidak lengket dan tidak cepat putus.
  3. Lontong/Ketupat . Ciri-ciri lontong atau ketupat yang mengandung boraks juga akan sangat kenyal. Selain itu biasanya memiliki rasa tajam dan ada rasa getir.
  4. Kerupuk . Kerupuk, gendar, atau makanan sejenis lainnya, yang mengandung boraks akan memiliki rasa sangat renyah dan ada rasa getir.




Tips Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks

Jagalah kesehatan anak, istri/suami anda. Waspadalah pada makanan yang berpotensi mengandung boraks. Teliti sebelum membeli makanan.

Description: Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks

0 comments:

Post a Comment